Jumat, Maret 20, 2009

Pengenalan Blog

Whats its Blog? Apa itu Blog?, Hari-hari gini masih whats its Blog, Banyak batasan/definisi pengertian blog, salah satunya saya kutif dari buku GO! BLOG.
Kata Blog berasal dari kependekan Weblog, menjadi penulis blog, mengelola blog, atau menambahkan artikel pada blog yang sudah ada disebut Blogging. Artikel pribadi didalam blog disebut blog post, post, atau entris. Seseorang yang memasukkan tulisan kedalam blog disebut Blogger. Dan menurut www.wikipedia.org, definisi sebuah blog adalah perpaduan teks, hyperteks, gambar dan link (link ke web lain atau video, audio dan file lainnya. blog menggunakan dokumentasibergaya konvensional. seringkali blog terfokus pada topik tertentu, seperti apa yang terjadi dengan politik dunia. Beberapa blog membicarakan pengalaman pribadi.

Ketika kita akan Sign In di Blogger, ada satu pertanyaan, Blog itu apa? Sebuah blog adalah situs web Anda yang mudah-digunakan, di mana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi. Semua secara GRATIS. begitu kata Blogger. Blog atau weblog dapat juga dikatakan jurnal pribadi di dunia Internet, berbentuk self-publishing, yang ditulis dan ditayangkan berdasarkan kronologi waktu.
Dari segi isinya, posting bisa berupa (1) Diari online yang berisi kegiatan sehari-hari atau apapun yang diamati; dan bisa juga berupa (2) Jurnal mengenai topik-topik spesifik.
Yang membedakan Blog dengan situs Web biasa, adanya ruamg komentar, jika situs web biasa lebih merupakan arsip, sementara blog merupakan percakapan, pembaca bisa berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan cara berkomentar, bertanya dan sejenisnya di ruang komentar yang terdapat di bawah masing-masing posting.

Ada beberapa layanan blog di internet, baik yang gratis maupun yang bayar, diantaranya :
1. www.blogger.com
2. www.wordpress.com
3. www.wordpress.org
4. www.blogsome.com
5. www.blogdrive.com
6. www.typepad.com
7. www.movabletype.com

Pada masa sekarang ini, Blog atau weblog sudah merupakan tren gaya hidup digital yang kian berkembang, perkembangan pengguna blog berkembang sangat pesat, apalagi ditunjang dengan tersedianya pembuatan blog secara gratis untuk siapa saja baik desain, hosting,hingga berbagai fungsi tambahan yang mempercantik tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan, dengan berbagai macam bentuk baik berdasarkan jenis layanan blog, isi dan cara penampilannya.
Beberapa macam blog, berdasarkan penulisnya ;blog personal, blog corporate.
Berdasarkan media yang digunakan;
1. vlog, blog yang terdiri atas kumpulan video
2. Linklog, blog yang terdiri atas kumpulan link
3. Photolog, blog yang terdiri atas kumpulan photo
4. Tumblelog, blog dengan artikel yang lebih pendek dan menggunakan media campuran

Berdasakan topik yang dibahas didalam blog;ada blog politik, blog ekonomi, blog pendidikan, blog fashion, blog spam atau splog.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

esadinesa.blogspot.com

Pengikut